Senin, 24 November 2008

Cara Tutup Situs

CARA TUTUP SITUS KARTUN NABI VERSI INDONESIA

Umat Islam resah ketika muncul kartun Nabi Muhammad Salallahu Alaihiwassalam, terutama kali ini kartun itu muncul dari dalam negeri, Indonesia. Kali ini bentuknya bukan sebuah karikatur, melainkan komik.

Komik Nabi buatan lokal ini justru lebih parah daripada karikatur Denmark. Karikatur Denmark menghina Nabi Muhammad Salallahu Alaihiwassalam dengan menggambarnya memakai sorban yang terbuat dari BOM berbentuk bulat lengkap dengan sumbunya, sedangkan versi Indonesia komik menceritakan kehidupan Nabi Muhammad Salallahu Alaihiwassalam, namun dengan kemasan yang vulgar. Sungguh tindakan yang nekat karena membuatnya ditengah-tengah masyarakat yang mayoritas muslim.

Media barat menyebut tindakan Islam tidak memperbolehkan menggambar Nabi dan Rasul telah melanggar kebebasan pers. Mereka juga menyuarakan dalam bentuk karikatur seperti gambar berikut :

karikatur

Punya hak bukan berarti boleh melanggar hak orang lain

Memang pers memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya. Tapi bukan berarti melanggar hak orang lain. Sebagai analogi, tidak ada larangan kita tidur, tapi akan salah jika kita tidur di tengah jalan, karena mengganggu hak orang untuk menggunakan jalan. Kita boleh memberi dukungan pada tim sepak bola favorit kita, tapi akan salah jika kita memberi dukungan dari tengah lapangan sepak bola, atau justru mendukung dengan cara kotor seperti melempari tim lawan dengan sampah misalnya. Analogi lain, semua orang memiliki hak untuk mengambil sesuatu, tapi jika mengambil barang pribadi seseorang maka dia telah melanggar hak atas kepemilikan seseorang dan bisa dikatakan dia merupakan pencuri. Dan lain-lain.

Sama halnya dengan contoh-contoh diatas, membuat karikatur boleh, tapi jangan membuat karikatur yang dilarang oleh kelompok atau agama tertentu. Agama Islam memberi larangan yang jelas untuk tidak membuat gambar, patung, dll pada Nabi dan Rasul nya , karena itu agama lain harus menghormatinya.

Orang yang tidak mau diatur, ingin menang sendiri tidak peduli melanggar hak orang lain atau tidak, dia bisa disebut sebagai preman, yang bisa berasal dari bahasa Inggris yaitu Free Man, yang berarti orang bebas. Bebas dalam arti tidak mau diatur, bebas memaksakan kehendaknya.

Pemerintah berencana memblokir Wordpress.com

Tindakan pemerintah sebenarnya terlalu berlebihan. Seperti kejadian yang sebelumnya hanya satu video saja sudah melumpuhkan YouTube, Blogspot, Multiply, dll.

Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan cara memblokir URL tertentu saja bukan keseluruhan. Atau bisa juga melayangkan surat ke pihak penyedia layanan untuk menghapus konten tersebut. Memang waktu itu Youtube menolak penghapusan konten Fitna, namun sebenarnya pemerintah hanya perlu memblokir URL yang terkait saja.

Memang benar seperti pepatah “nila setetes rusak susu sebelanga”. Gara-gara satu blog, jutaan blog terkena imbasnya.

Cara Memblokir Blog di Wordpress.com

Seperti halnya menghapus blog bermasalah di blogspot, sebagian besar layanan gratisan melarang konten-konten tertentu diletakkan pada server mereka, termasuk wordpress.com.

Berikut ini langkahnya :

  1. Buka : http://wordpress.com/report-spam/
  2. Masukkan Email anda pada kolom Your Email :
  3. Masukkan http://lapotuak.wordpress.com/ pada kolom “Blog URL :
  4. Masukkan alasan anda pada kolom “Why :

Tulis alasan dalam bahasa Inggris, jika tidak bisa berbahasa inggris terjemahkan saja dengan google translate. Tulis dengan bahasa Indonesia yang baku.

Jelaskan pada kolom alasan bahwa konten tersebut telah dilarang di negara Indonesia, menimbulkan perpecahan antar agama, selain itu lapotuak juga mengandung adult content atau pornografi. Memang adult content bukan hal yang terlarang di wordpress, tapi minimal mereka akan memberikan tanda peringatan untuk blog tersebut.

Semakin banyak pelapor semakin cepat ditanggapi. Sebarkan berita ini ke teman anda melalui email, Friendster, Facebook, dll.

Tulis saja : Ayo kita bantu pemerintah memblokir situs kartun nabi versi Indonesia. Caranya bisa baca di : http://rosyidi.com/cara-blokir-situs-kartun-nabi-versi-indonesia

atau buat peringatan versi anda sendiri.

PERINGATAN !!! : JANGAN BUKA SITUS ITU

Saya menyebutkan nama situsnya hanya untuk mengajarkan cara menghapus situs tersebut sebelum pemerintah bertindak berlebihan dengan menutup akses ke wordpress.com. Kalau wordpress.com ditutup, blogger yang hosting di luar wordpress.com pun akan terkena imbasnya, karena sebagian besar blog termasuk rosyidi.com menggunakan mesin wordpress. Memang tidak berdampak serius, tapi paling tidak agak kesulitan ketika mencari plugin, dll. Meskipun banyak jalan tikus menuju sana :D

Sebenarnya yang paling perlu diblokir adalah situs berinisial “FF”. Pemerintah saat ini memang berencana memblokirnya juga, semoga bisa segera terealisasikan.

Penulis : Agam Rosyidi

URL : http://rosyidi.com/cara-blokir-situs-kartun-nabi-versi-indonesia

Tidak ada komentar: